Lingkungan

Lima Hewan yang Akan Mewarisi Bumi Jika Manusia Punah

Sejumlah bencana alam, perang sampai ancaman asteroid juga dapat berpengaruh kepada kelangsungan hidup manusia

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Ilustrasi. Bencana alam, perang sampai ancaman asteroid juga dapat berpengaruh kepada kelangsungan hidup manusia di bumi. 

Lima Hewan yang Akan Mewarisi Bumi Jika Manusia Punah

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Manusia selalu disibukkan dengan gambaran tentang akhir dunia, mulai dari kisah-kisah yang dituturkan oleh agama, teori Y2k sampai kalender Maya yang berakhir pada tahun 2012.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, sejumlah bencana alam, perang sampai ancaman asteroid juga dapat berpengaruh kepada kelangsungan hidup kita semua.

Ketika hal itu terjadi, manusia dan kebanyakan makhluk hidup di Bumi akan punah. Namun, bukan berarti seluruh kehidupan di Bumi juga berakhir.

Ada lima makhluk hidup, mulai dari ikan hingga serangga, yang kemungkinan besar akan tetap bertahan dan mewarisi Bumi setelah manusia tiada.

Tardigrada

 Tardigrade, Makhluk Paling Tangguh di Bumi, Tahan Ledakan Supernova

National Geographic menganugerahkan hewan ini julukan sebagai binatang yang paling tidak bisa dihancurkan di bumi.

Hewan mikroskopis ini kemungkinan besar akan terhindar dari kepunahan yang terjadi dalam enam miliar tahun kedepan, ketika matahari meledak dan menjadi “raksasa merah”.

Tardigrada akan aman dari asteroid karena mereka dapat hidup di ventilasi vulkanik dasar lautan. Selain itu, mereka juga dapat bertahan hidup tanpa makan atau minum hingga 30 tahun, serta tidak terpengaruh oleh suhu ekstrem atau paparan radiasi.

Bahkan, tardigrada diketahui dapat hidup di luar angkasa.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved