Parenting

Amankah Anak Dibawa ke Rumah Sakit Saat Pandemi? Ini Tipsnya

Anak-anak memang sering menunjukkan gejala yang membuat orangtua cemas.

Amankah Anak Dibawa ke Rumah Sakit Saat Pandemi? Ini Tipsnya
istimewa
Ada kondisi tertentu yang tidak bisa ditangani di rumah. Penyakit berat atau yang sifatnya darurat tetap harus mendapat penanganan di rumah sakit. 

Amankah Anak Dibawa ke Rumah Sakit Saat Pandemi? Ini Tipsnya

TRIBUNKALTIM.CO - Mengingat betapa mudahnya COVID-19 menular, orangtua disarankan agar tidak membawa anak berobat ke rumah sakit saat pandemi.

Akan tetapi, tetap ada kondisi tertentu yang tidak bisa ditangani di rumah. Penyakit berat atau yang sifatnya darurat tetap harus mendapat penanganan di rumah sakit.

Kapan anak harus dibawa ke rumah sakit?

Dikutip TribunKaltim Travel dari laman hellosehat, anak-anak memang sering menunjukkan gejala yang membuat orangtua cemas.

Mereka terkadang mengalami demam tanpa sebab, diare, atau batuk dan pilek berat. Padahal, sebelumnya mereka aktif bermain dan tampak sehat.

Orangtua biasanya tidak perlu memberikan perawatan khusus karena kondisi seperti ini akan membaik dengan sendirinya. Meski begitu, ada pula beberapa kondisi yang tidak boleh diabaikan yaitu sebagai berikut.

1. Demam tinggi terus-menerus

Demam sebenarnya bermanfaat bagi tubuh. Ketika anak mengalami infeksi, suhu tubuh mereka akan naik untuk membunuh virus dan bakteri yang menjadi penyebabnya. Suhu mereka akan lekas kembali normal setelah cukup minum dan beristirahat.

Ini sebabnya orangtua tidak perlu langsung pergi ke rumah sakit bila anak mengalami demam, apalagi dengan adanya risiko penularan saat pandemi.

Walau demikian, Anda sebaiknya memeriksakan anak ke dokter apabila:

  • Anak berusia di bawah tiga bulan dan suhunya lebih dari 38 derajat Celsius
  • Anak berusia 3-24 bulan dan suhunya lebih dari 38,9 derajat Celsius
  • Anak tampak sangat lemas dan gelisah
  • Anak tampak tidak bisa mengikuti gerak mata Anda
  • Demam disertai muntah, sakit kepala, sakit perut, batuk dan pilek, serta gejala lain yang menyebabkan rasa tidak nyaman
  • Demam berlangsung lebih dari tiga hari
 
2. Muntah dan diare
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Dinar Fitra Maghiszha
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved