Kesehatan

Setelah Dexamethasone, Kini Obat Luka Povidone-Iodine Juga Disebut Ampuh Bunuh Virus Corona

Dikutip Tribunnewswiki dari Kompas.com, Povidone-iodin adalah zat antimikroba yang bisa membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus.

Setelah Dexamethasone, Kini Obat Luka Povidone-Iodine Juga Disebut Ampuh Bunuh Virus Corona
istimewa
povidone iodine 

Setelah Dexamethasone, Kini Obat Luka Povidone-Iodine Juga Disebut Ampuh Bunuh Virus Corona

TRIBUNKALTIM.CO - Belum lama ini media sosial dibuat geger dengan kabar bahwa cairan dengan kandungan antiseptik bisa membunuh SARS-CoV-2, atau virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Seperti yang diunggah Instagram @infia_fact dalam caption-nya mengatakan antiseptik Povidone-iodine atau umum terkandung dalam obat luka, Betadine di Indonesia, terbukti efektif membunuh 99,99 persen SARS-CoV-2 dan menjadi viral di antara netzen.

Akan tetapi, benarkah cairan Povidone-iodine tersebut ampuh membunuh virus corona?

Dikutip Tribunnewswiki dari Kompas.com, Povidone-iodin adalah zat antimikroba yang bisa membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus.

 

"Jadi virus itu tidak bertahan lama kalau terpapar zat-zat antiseptik," ujarnya, Selasa (16/6/2020).

Oleh karena itu, memang benar Betadine mempunyai kemampuan untuk membunuh virus mengingat adanya kandungan zat antiseptik.

Akan tetapi, mengenai membunuh virus corona yang menjadi penyebab Covid-19, merujuk pada unggahan di media sosial, sekarang ini masih berdasarkan studi in vitro yang berarti masih dilakukan dalam tabung percobaan, bukan pada makhluk hidup.

"Jadi mungkin dia membunuh virus dalam situasi tertentu di laboratorium," ujar Panji.

Di lain sisi, Panji juga menjelaskan, walaupun  Povidone-iodine dalam obat itu ampuh untuk membunuh virus, bukan berarti bisa dikonsumsi sebagai minuman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved