Virus Corona

Situasi di China Kini Kembali Heboh, Muncul Klaster Baru Virus Corona

Setelah hampir 2 bulan tenang dan tak ada kasus virus Corona atau covid-19, situasi di China kembali heboh.

Situasi di China Kini Kembali Heboh, Muncul Klaster Baru Virus Corona
AFP
Pemandangan jalanan yang kosong di Wuhan Provinsi Hubei, China beberapa waktu lalu saat lockdown masih berjalan. 

Situasi di China Kini Kembali Heboh, Muncul Klaster Baru Virus Corona

TRIBUNKALTIM.CO - Setelah hampir 2 bulan tenang dan tak ada kasus virus Corona atau covid-19, situasi di China kembali heboh.

Pihak berwenang di Beijing menggambarkan bahwa kondisi wabah virus Corona atau covid-19 di sana "sangat parah" dengan munculnya lusinan kasus baru.

Sebelumnya, Beijing tidak melaporkan adanya kasus baru selama 56 hari berturut turut hingga sebuah klaster baru diidentifikasi, Kamis (11/6/2020).

Selain itu, penelusuran kontak dan pengurutan genetik dari sampel juga tengah dilakukan untuk memahami lebih lanjut sumber klaster dan hubungan antar kasus.

Direktur Eksekutif Program Darurat WHO, Dr Mike Ryan mengatakan, penting mencari faktor-faktor risiko spesifik, situasi, perilaku, dan konteks, dimana penularan telah terjadi di klaster-klaster tersebut, untuk mencegah terjadinya wabah yang lebih luas.

Mengutip CNBC, (15/6/2020), Kepala Unit Penyakit dan Zoonosis WHO, Dr Maria Van Kerkhove mendesak kewenangan kesehatan untuk tetap waspada dengan banyaknya negara yang menghadapi kemunculan kasus-kasus baru virus Corona.

"Seluruh negara harus tetap siap. Jadi, sangat penting bagi negara-negara untuk memiliki sistem yang dapat mengidentifikasi kasus terduga dengan cepat dan melakukan pemeriksaan," kata Verkhove.

Pihaknya meminta negara-negara untuk memastikan tes, isolasi, penelusuran kontak, dan karantina agar kemunculan kasus-kasus baru dapat dikendalikan dengan cepat.

"Semua negara harus bersiap dengan episenter itu dan mencegah kemungkinan menjadi tempat selanjutnya bagi kasus-kasus baru untuk muncul," tambahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved