Internasional

Ancaman Adik Perempuan Kim Jong Un Tak Main-Main, Kantor Penghubung dengan Korea Selatan Diledakan

aksi Korea Utara itu memantik perhatian banyak pihak setelah meledakkan Kantor Penghubung dengan Korea Selatan.

Ancaman Adik Perempuan Kim Jong Un Tak Main-Main, Kantor Penghubung dengan Korea Selatan Diledakan
Kolase TribunKaltim.co / via AP dan Reuters
Aksi Korea Utara itu memantik perhatian banyak pihak setelah meledakkan Kantor Penghubung dengan Korea Selatan 

Ancaman Adik Perempuan Kim Jong Un Tak Main-Main, Kantor Penghubung dengan Korea Selatan Diledakan

TRIBUNKALTIM.CO - Tensi tinggi antara Korea Utara dan Korea Selatan semakin menjadi, setelah negara Kim Jong Un itu meledakkan Kantor Penghubung di Kaesong, Selasa (16/6/2020).

Tindakan Korea Utara itu merupakan buntut ancaman adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong terhadap aksi pembelot di Korea Selatan.

Alhasil aksi Korea Utara itu memantik perhatian banyak pihak setelah meledakkan Kantor Penghubung dengan Korea Selatan, babak baru dalam ketegangan dua negara.

Kantor berita Yonhap melaporkan, peringatan itu muncul beberapa menit setelah suara leedakan terdengar, dengan kepulan asap terlihat di Kaesong.

 

Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan
Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan (Kolase metro.co.uk)

Dilansir AFP Selasa (16/6/2020), Kantor Penghubung antara Korea Utara dengan Korea Selatan itu didirikan dua tahun yang lalu. Penghancuran tersebut terjadi setelah adik Pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong, melontarkan ancaman pada akhir pekan.

"Tidak lama lagi, adegan tragis di mana Kantor Penghubung antara Utara dan Selatan yang tak berguna akan terjadi," ancam Kim Yo Jong.

Analis menyatakan, Pyongyang berusaha memanfaatkan krisis ini untuk menekan Seoul supaya membujuk Amerika Serikat melakukan konsensi dalam perundingan denuklirisasi.

Sejak akhir Juni, Pyongyang sudah melontarkan serangkaian serangan verbal ke Seoul buntut aktivitas para pembelot di perbatasan.

Para pembelot Korea Utara itu sering mengirim barang seperti USB berisi drama Korea Selatan, uang pecahan 1 dollar, dan pamflet melalui balon.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved