Wabah Penyakit

5 Wabah Terburuk di Dunia yang Merenggut Ratusan Juta Nyawa Manusia

Wabah yang melanda umat manusia ini pun ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dalam sejarah, beberapa wabah ini banyak menelan korban jiwa.

5 Wabah Terburuk di Dunia yang Merenggut Ratusan Juta Nyawa Manusia
AFP
PEMAKAMAN PASIEN COVID-19 - (ilustrasi) Petugas melakukan proses pemakaman jenazah korban virus corona (Covid-19) di sebuah Taman Pemakaman Umum (TPU), di Jakarta, Rabu (15/4/2020). 

5 Wabah Terburuk di Dunia yang Merenggut Ratusan Juta Nyawa Manusia

TRIBUNKALTIM.CO - Sebelum wabah virus Corona atau covid-19 mengancam dunia, 5 wabah terburuk di dunia ini bisa berakhir dan temukan vaksin, termasuk cacar air.

Mari belajar dari sejarah 5 wabah penyakit terburuk dan terparah di dunia ini agar virus Corona atau covid-19 juga segera berlalu!

Wabah yang melanda umat manusia ini pun ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dalam sejarah, beberapa wabah ini banyak menelan korban jiwa.

Terlebih banyaknya populasi orang yang hidup berdampingan dengan hewan. Terkadang dengan sanitasi dan sumber daya alam yang terbatas.

Hal ini menyebabkan infeksi penyakit mudah menular dan menyebar. Kemudian penyakit ini dapat mengancam orang dalam jumlah yang besar.

Berikut ini lima wabah terbesar yang tercatat dalam sejarah dunia:

1. Plague of Justinian

Plague of Justinian
Plague of Justinian (wikimedia)

Wabah ini terjadi pada tahun 541 masehi. Justinian adalah wabah yang menginvasi Konstantinopel, ibu kota Kerajaan Byzantine.

Kota tersebut kini menjadi Kota Istanbul, Turki. Tiga pandemi paling mematikan dalam sejarah berasal dari bakteri yang sama yakni Yersinia pestis.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved