Virus Corona

Koalisi 62 Negara, Termasuk Indonesia Desak Investigasi Covid-19 di China

Australia sekarang telah mengayunkan senjata diplomatiknya di belakang Uni Eropa, yang juga telah mendesak penyelidikan tersebut

istimewa
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 

Koalisi 62 Negara, Termasuk Indonesia Desak Investigasi Covid-19 di China

TRIBUNKALTIM.CO - Sebuah koalisi yang terdiri dari 62 negara termasuk Indonesia mendorong penyelidikan independen terhadap wabah virus Corona baru, menjelang pertemuan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) pada Senin (18/5) di Jenewa, Swiss.

Melansir ABC, Australia adalah negara pertama yang meminta penyelidikan independen tentang bagaimana wabah virus Corona bisa menyebar.

Dan, WHA adalah badan pengambil keputusan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tetapi, dukungan internasional untuk ide tersebut terus berkembang.

Australia sekarang telah mengayunkan senjata diplomatiknya di belakang Uni Eropa, yang juga telah mendesak penyelidikan tersebut sambil mengambil jalur yang lebih berdamai dengan China.

Negara-negara Eropa dan Australia telah menggalang dukungan untuk rancangan mosi Uni Eropa yang menyerukan "evaluasi tidak memihak, independen, dan komprehensif" dari "respons kesehatan internasional terkoordinasi WHO untuk covid-19".

Pada Minggu (17/5) malam, ada 62 negara termasuk Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Turki, Rusia, Afrika Selatan, dan Inggris yang mendukung mosi ini.

Tapi, mosi itu tidak secara khusus menyebutkan China atau Kota Wuhan sebagai tempat wabah virus Corona bergulir.

"Ada dukungan positif untuk peninjauan independen terhadap pandemi untuk membantu dunia mempelajari pelajaran yang diperlukan untuk kesehatan global," kata Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne seperti dikutip ABC.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved