Virus Corona

Ditemukan Kucing dan Hewan Lainnya Tertular COVID-19, dari Manusia?

Tapi belakangan ada beberapa kasus hewan yang terbukti positif tertular COVID-19 yaitu kucing dan harimau.

Editor: Geafry Necolsen
net
Pelihara kucing 

Ditemukan Kucing dan Harimau Peliharaan Tertular COVID-19, dari Manusia?

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Coronavirus baru yang menyebabkan penyakit COVID-19 terbukti menular dari manusia ke manusia melalui droplet atau tetesan cairan pernafasan.

Tapi belakangan ada beberapa kasus hewan yang terbukti positif tertular COVID-19 yaitu kucing dan harimau. 

Kucing tertular COVID-19 dari pemiliknya

kucing tertular covid-19

Kucing tersebut diyakini tertular COVID-19 dari pemiliknya yang lebih dulu dinyatakan positif setelah kembali dari Italia.

Seminggu setelah sang pemilik kembali dari Italia, kucing tersebut mengalami gejala infeksi coronavirus, yakni diare, muntah, dan terlihat mengalami masalah pernafasan.

Sampel muntahan dan kotoran si kucing dibawa ke laboratorium Dr. Daniel Desmecht di Fakultas Kedokteran Hewan Liege. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif COVID-19, bahkan tingkat keberadaan SARS-CoV-2 dalam sampel tersebut sangat tinggi.

 

Steven van Gucht, ahli virologi sekaligus juru bicara pemerintah Belgia untuk coronavirus mengabarkan si kucing telah pulih setelah 9 hari menerima perawatan. 

Menurut Gucht, kucing dan manusia tampaknya memiliki kesamaan ‘pintu masuk’ virus menuju sel pernafasan. Kesamaan itulah yang menurut Gucht memungkinkan kucing tertular COVID-19.

Pada manusia, ilmuwan telah menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 menempel pada sisi luar (membran) sel pernapasan yang disebut ACE2.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved