Tips dan Trik

Tips Membuat Disinfektan ala dr Nahla Shihab

cara lain yang bisa digunakan adalah membersihkan barang-barang yang sering digunakan dengan cairan disinfektan.

istimewa
Disinfektan bisa dibuat sendiri di rumah 

Tips Membuat Disinfektan ala dr Nahla Shihab

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Merebaknya virus corona di Indonesia membuat masyarakat lebih giat untuk melindungi diri dan menjaga kebersihan. 

Berbagai cara pun dilakukan warga agar terhindar dari virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Salah satunya adalah rajin mencuci tangan dan sedia hand sanitizer.

Selain itu, cara lain yang bisa digunakan adalah membersihkan barang-barang yang sering digunakan dengan cairan disinfektan.

Terkait hal itu, dr Nahla Shihab memberikan tips mudah untuk membuat cairan disinfektan yang mudah untuk dicoba.

Adik dari jurnalis senior Najwa Shihab itu menganjurkan masyarakat untuk rutin melakukan disinfektan setiap dua kali sehari (pagi dan sore).

"Disinfektan perlu kita lakukan sehari 2x (pagi dan sore) di permukaan alat yang sering disentuh, seperti gagang pintu, saklar lampu, telepon remote tv/ac, keran, jet shower, alat sentor toilet, meja makan, sofa yg plg sering dipake," ujar Naha Shihab di akun Instagram Najwa Shihab, Minggu (15/3/2020).

Dalam unggahan tersebut Nahla menjelaskan bagaimana cara membuat disinfektan dengan mudah.

"Cara bikin cairan disinfektan sendiri:
Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L). Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25%. Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5%. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran." jelas Nahla.

Untuk melindungi diri, gunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang sering disentuh di rumah kamu minimal 2 kali sehari ya.

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved