Faktanya

Makanan Jatuh Belum 5 Menit, Masih Aman Dimakan?

‘Belum 5 menit’ adalah salah satu teori yang berkembang di Indonesia terkait dengan makanan yang jatuh kemudian di ambil kembali untuk dimakan.

net
Anak makan roti 

Makanan Jatuh Belum 5 Menit, Masih Aman Dimakan?

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - ‘Belum 5 menit’ adalah salah satu teori yang berkembang di Indonesia terkait dengan makanan yang jatuh kemudian di ambil kembali untuk dimakan.

Kebiasaan tersebut sudah seperti budaya yang berlaku turun temurun dan menjadi hal yang wajar dilakukan bagi masyarakat Indonesia.

Uniknya, ternyata meski sudah mengetahui banyaknya bakteri yang menempel pada makanan yang sudah jatuh, namun masih banyak masyarakat yang melakukan teori ‘belum 5 menit’ tersebut.

Melhat fenomena tersebut, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia pun menyatakan bahwa hal tersebut masih bisa dikatakan aman, namun tergantung posisi jatuhnya makanan tersebut.

“Jadi sebenarnya makanan yang jatuh boleh dimakan atau tidak? Jawabannya tergantung,” tegas dr. Santi.

Tergantung tersebut disebabkan oleh durasi jatuhnya makanan, dan juga lokasi makanan tersebut jatuh di permukaan yang seperti apa.

Semakin lama makanan jatuh, maka semakin banyak juga bakteri buruk yang melekat pada makanan tersebut dan bisa masuk ke dalam tubuh jika tetap di makan.

Selain itu, tergantung juga makanan tersebut jatuhnya di permukaan yang seperti apa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved