Faktanya

Sering Dibuang Begitu Saja, Kulit Lemon Ternyata Punya Banyak Manfaat

Manfaat kulit lemon pun beragam, mulai dari efek antibakteri, menjaga kesehatan mulut, serta meningkatkan daya tahan tubuh

Editor: Geafry Necolsen
net
Manfaat kulit lemon 

Sering Dibuang Begitu Saja, Kulit Lemon Ternyata Punya Banyak Manfaat

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Saat menggunakan lemon, kita seringkali hanya menggunakan perasannya lalu membuang kulitnya.

Namun ternyata, kulit lemon lemon juga memiliki zat gizi sehingga juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat kulit lemon pun beragam, mulai dari efek antibakteri, menjaga kesehatan mulut, serta meningkatkan daya tahan tubuh

Ragam manfaat kulit lemon untuk kesehatan
Kulit lemon sangatlah bernutrisi. Mulai dari vitamin C, mineral, dan seratnya, kulit lemon tak bisa Anda buang begitu saja. Demikian pula dengan kandungan D-limonene-nya yang memiliki sifat antioksidan.

Ini dia manfaat kulit lemon yang sayang jika Anda buang:

1. Menangkal bakteri
Kulit lemon mengantongi beberapa efek, seperti efek antimikroba dan antijamur. Berbagai penelitian pun menemukan bahwa kulit buah ini dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Kulit lemon dilaporkan dapat menjaga kesehatan mulut
Sebuah studi  juga mengungkapkan bahwa ekstrak kulit lemon dapat memerangi jamur penyebab infeksi kulit yang resisten terhadap obat.

Walau temuan di atas sangat mengagumkan, riset yang lebih mendalam masih diperlukan.

2. Memelihara kesehatan mulut
Kulit lemon mengandung senyawa antibakteri, sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroba tersebut. Dengan kandungan ini, kulit lemon memiliki potensi menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri, seperti infeksi pada gusi dan gigi berlubang.

3. Melawan radikal bebas
Kulit lemon tinggi dengan kandungan antioksidan, seperti vitamin C dan D-limonene. Molekul antioksidan sangat penting untuk kesehatan, karena efeknya untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan atom berbahaya karena dapat memicu kerusakan sel dan menyebabkan penyakit.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved