Sains

Waspada, Novel Coronavirus Mungkin Menular Sebelum Gejala Muncul

Menurut Menteri Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, Ma Xiaowei orang-orang yang terinfeksi mungkin saja telah menyebarkan virus tanpa menyadarinya.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Warga China mengenakan masker mengantisipasi penyebaran corona 

Waspada, Novel Coronavirus Mungkin Menular Sebelum Gejala Muncul

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Menteri Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, Ma Xiaowei, mengatakan bahwa seseorang bisa terinfeksi Novel coronavirus tanpa menunjukkan gejala.

Menurutnya, orang-orang yang terinfeksi mungkin saja telah menyebarkan virus tanpa menyadarinya. Novel coronavirus yang kini tengah merebak di Tiongkok dan belasan negara lainnya telah menginfeksi lebih dari 40.000 orang.

Dan mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. Tanpa gejala yang spesifik, penyebaran virus dikhawatirkan dapat bertambah luas.

Mengapa novel coronavirus bisa menyebar tanpa gejala?

bepergian saat coronavirus

Otoritas kesehatan di sejumlah negara kini menjadikan gejala demam sebagai indikator saat melakukan pemeriksaan di pintu masuk negara.

Pengunjung yang memiliki panas melebihi 38 derajat celsius akan mendapatkan Health Alert Card dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kendati efektif mencegah penularan virus, cara ini ternyata masih memiliki kekurangan. Novel coronavirus sama seperti virus lainnya yang memiliki masa inkubasi.

Masa inkubasi adalah jangka waktu sejak seseorang terinfeksi hingga gejala pertama muncul.

CDC meyakini novel coronavirus memiliki masa inkubasi selama 2-14 hari. Selama masa inkubasi, orang-orang yang terinfeksi akan tampak tanpa gejala.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved