Ternyata

Benarkah Kunyit, Temulawak, Jahe, dan Sereh Ampuh Cegah Virus Corona?

Nidom menjelaskan penelitian yang dilakukannya tersebut terjadi sebelum munculnya COVID-19.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
kunyit 

Benarkah Kunyit, Temulawak, Jahe, dan Sereh Ampuh Cegah Virus Corona?

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Belakangan ini, beredar kabar bahwa kandungan kurkumin pada bahan rempah-rempah seperti kunyit, temulawak, jahe, dan sereh yang banyak ditemukan dalam berbagai jenis kuliner nusantara ini, dapat bantu untuk cegah virus corona (COVID-19).

Kabar tersebut berawal dari sebuah riset yang dilakukan oleh guru besar biokimia dan biologi molekuler Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom.

Lantas, seperti apa kebenarannya?

Benarkah kurkumin cegah virus COVID-19?

manfaat susu kunyit

Belum ada penelitian yang melakukan efek kurkumin pada virus COVID-19. Saat kabar khasiat kurkumin untuk bantu cegah virus corona beredar.

Nidom menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukannya tersebut terjadi sebelum munculnya COVID-19. Namun, hal tersebut tak menutup kemungkinan bahwa kurkumin bisa saja membantu untuk cegah virus COVID-19.

Pada sebuah studi di tahun 2014, kurkumin dapat menekan kelebihan sitokin seperti IL-6 dan IL-10 yang dapat memicu peradangan.

Penekanan terhadap sitokin juga berhubungan erat dengan peningkatan klinis pada kasus infeksi virus yang parah.

Keunggulan lainnya, zat ini juga tergolong sangat aman untuk dikonsumsi bahkan pada dosis yang tinggi. Kurkumin juga sudah banyak digunakan dalam bahan makanan sehari-hari terutama di Indonesia.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved