Parenting

Memaksa Anak Habiskan Makanan Berdampak Buruk untuk Si Kecil

Beberapa orangtua memaksa anak meghabiskan makanan, terkadang dengan sedikit ancaman. Apa dampaknya memaksakan makan pada anak?

net
anak susah makan 

Memaksa Anak Habiskan Makanan Berdampak Buruk untuk Si Kecil

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Sebagai orangtua, siapa yang tidak senang dengan anak yang lahap dan menghabiskan makanannya.

Berbeda ketika ia terlihat malas saat makan, beberapa orangtua memaksa anak meghabiskan makanan, terkadang dengan sedikit ancaman. Apa dampaknya memaksakan makan pada anak?

Anak enggan makan
Anak enggan makan (net)

Fakta seputar memaksa anak habiskan makanan

Anak tidak mengenal konsep lapar dan berisiko obesitas

Melansir dari Parents, memaksa anak menghabiskan makanan bisa menjadi bumerang untuk orangtua.

Pasalnya, ketika anak dipaksa menghabiskan makanan, padahal ia sedang tidak terlalu lapar atau sedang tidak mau makan, membuat anak tidak bisa mengenal konsep lapar dalam tubuhnya.

“Ketika anak tidak bisa mengenali rasa laparnya, ia bisa kehilangan ‘sinyal’ untuk rasa kenyang. Efek buruknya, rentan makan berlebihan dan obesitas,” jelas Katja Rowell, M.D, seorang spesialis makanan anak. 

Masih merujuk pada Parents, dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Academy of Nutrition and Dietetics dijelaskan, konsep memaksa anak habiskan makanan atau Controlling Feeding Practices (CFP) sangat buruk untuk psikologis anak.

Alasannya, anak yang dilarang mengonsumsi makanan tidak sehat oleh orang tuanya, cenderung akan mendapatkannya ketika tidak diawasi oleh Anda.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved