Faktanya

Seberapa Banyak Asupan Minyak untuk Anak Per Hari?

Anak Anda mungkin akan lebih semangat makan jika ada goreng-gorengan. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, nasi goreng.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Minyak makan 

Seberapa Banyak Asupan Minyak untuk Anak Per Hari?

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Anak Anda mungkin akan lebih semangat makan jika ada goreng-gorengan. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, nasi goreng, hingga camilan seperti martabak telur.

Hampir semua makanan tersebut menggunakan minyak untuk mengolahnya, bahkan ketika Anda memasak sayur dan salad.

Agar tetap sehat, konsumsi makanan yang mengandung minyak tentu perlu dibatasi. Namun, seberapa banyak asupan minyak untuk anak per hari?

Fungsi minyak bagi tubuh Anda
Minyak adalah lemak cair dari tanaman atau hewan yang biasanya digunakan untuk memasak. Bila bentuknya padat, minyak lebih umum disebut dengan mentega.

Minyak tidak termasuk dalam kelompok makanan, tapi memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

Pada masakan, minyak bisa meningkatkan rasa gurih karena teksturnya jadi lebih kering dan renyah. Namun pada tubuh, minyak merupakan lemak yang digunakan sebagai bahan bakar untuk membangun jaringan saraf, otak, dan hormon. Tubuh juga menggunakan lemak dari minyak sebagai bahan bakar cadangan.

Umumnya, berbagai macam minyak yang sering digunakan adalah minyak sayur, minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung, minyak alpukat, dan minyak dari kacang-kacangan.

Asupan minyak untuk anak per hari
Minyak memang memberikan manfaat pada tubuh, tapi asupannya harus dibatasi. Pasalnya, terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan.

Namun asupan minyak ini tidak hanya dibatasi pada penggunaan minyak untuk menggoreng makanan saja. Ada beberapa jenis makanan yang juga mengandung minyak alami, seperti kacang-kacangan dan buah alpukat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved