Faktanya

Nonton TV Terlalu Dekat, Tidak Menyebabkan Kerusakan Mata, Ini Faktanya

Stigma “menonton tv terlalu dekat akan merusak mata” masih tetap hidup sampai hari ini.

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Nonton Televisi dari jarak dekat tidak akan merusaka mata 

Nonton TV Terlalu Dekat, Tidak Menyebabkan Kerusakan Mata, Ini Faktanya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Ketika Anda masih kecil, orangtua Anda mungkin sibuk menasehati jika Anda tetap saja bandel — untuk jangan menonton TV terlalu dekat, karena jika tidak mata Anda akan rusak.

Petuah ini menempel erat dalam benak Anda hingga dewasa dan kini, sebagai orangtua, Andalah yang ‘bertugas” memperingatkan anak-anak Anda untuk tidak duduk terlalu dekat dengan layar televisi.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, darimanakah asal muasal petuah ini dan apakah nasehat turun-temurun leluhur ini mengandung sedikit saja kebenaran?

Berawal dari TV cembung zaman dulu
Sebelum tahun 1950-an, banyak televisi layar cembung diketahui memancarkan sinar radiasi tingkat tinggi berasal dari tabung sinar katoda di dalamnya, hingga 10,000 kali lipat lebih tinggi daripada batas aman.

Akibatnya, setelah paparan berkelanjutan dan berulang, radiasi ini dapat meningkatkan risiko masalah penglihatan pada sebagian besar orang.

Anjuran dari pihak berwenang untuk mengatasi kepanikan ini adalah dengan menjaga jarak duduk dari layar TV. Selama Anda duduk agak menjauh dan tidak menonton TV lebih dari satu jam atau terlalu dekat, Anda akan aman.

Sejumlah pabrik televisi dengan cepat menarik produk ‘cacat’ mereka dan memperbaikinya, namun stigma “menonton tv terlalu dekat akan merusak mata” masih tetap hidup sampai hari ini.

Para ilmuwan zaman modern dapat memastikan bahwa peringatan kuno ini benar-benar sudah usang. Tidak ada bukti sains bahwa menonton tv terlalu dekat akan menyakiti mata — baik pada anak maupun orang dewasa.

Selain itu, kini perangkat televisi modern dirancang dengan perisai kaca bertimbal yang kuat, sehingga radiasi sinar tidak lagi menjadi masalah.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved