Faktanya

Anak Susah Tidur Malam, Bisa Jadi Karena Ibunya Juga Kurang Tidur

Hasil penelitian ini membuktikan kalau ibu yang sulit tidur nyenyak karena memiliki insomnia dapat “menularkan” kondisinya pada anak.

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Ilustrasi: Anak susah tidur 

Anak Susah Tidur Malam, Bisa Jadi Karena Ibunya Juga Kurang Tidur

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang cukup agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Untuk itu, Anda perlu menyediakan ruangan dan situasi yang kondusif agar anak bisa tidur nyenyak — kasur dan bantal yang empuk; kamar tidur yang rapi, nyaman, bersuhu dingin, dan sepi tanpa gangguan gadget; hingga membacakan dongeng sebelum tidur.

Lantas kalau semua ini sudah tercapai tapi tetap saja anak sulit tidur malam, apa sebabnya? Bisa jadi, ini karena pola tidur ibu yang berantakan. 

Apa hubungannya?

Anak sulit tidur malam, akibat pola tidur ibu yang buruk
Pernyataan ini muncul dari sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti University of Warwick, setelah mengulik kebiasaan tidur 200 anak sekolah beserta orangtuanya.

Hasil penelitian ini membuktikan kalau ibu yang sulit tidur nyenyak karena memiliki insomnia dapat “menularkan” kondisinya pada anak. Alhasil, anak juga jadi kurang tidur karena ikut-ikutan tidur tidak nyenyak.

Meskipun penelitian ini dilakukan dalam lingkup yang kecil, namun para ahli menduga ada beberapa hal yang dapat mengaitkan antara pola tidur ibu yang berantakan dengan anak sulit tidur malam, yaitu:

Anak-anak dapat belajar kebiasaan tidur dari orangtuanya.

Anak-anak tumbuh besar melihat dan mencontoh apa yang orangtuanya lakukan. Ini pun termasuk kebiasaan tidur.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved