Faktanya

Ramalan Zodiak Itu Nyata atau Omong Kosong? Ini Faktanya

Astrolog memanfaatkan kemampuan manusia untuk lebih mengingat sesuatu yang mengena pada dirinya dan acuh pada ramalan yang meleset.

net
zodiak 

Ramalan Zodiak Itu Nyata atau Omong Kosong? Ini Faktanya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Semua hal di di dunia ini memiliki dua sisi. Sisi nagatif dan positif. Termasuk dalam hal mempercayai ramalan.

Kamu tergolong orang yang percaya astrologi? Nggak pernah ketinggalan membaca ramalan zodiak setiap minggunya?

Kira-kira ramalan zodiak itu benar ada atau hanya omong kosong saja? 

Ramalan zodiak selama ini terlihat benar karena menggunakan metode validasi subjektif. Validasi subjektif terjadi saat dua peristiwa yang tidak saling terkait namun dianggap berhubungan satu sama lain karena keyakinan atau ekspektasi yang menuntut adanya hubungan dari dua peristiwa tersebut.

Dalam validasi subjektif pemilihan kalimat yang digunakan adalah hal yang sangat umum, samar dan bisa berlaku untuk siapa saja.

Barnum statement atau Branum effect

Pernyataan yang disebut Barnum statement ini juga berlaku pada ramalan zodiak yang makna kata-katanya samar dan tak spesifik.

Oleh karena itu, jangan heran jika kalimat dalam ramalan seringkali dinilai cocok dan pas oleh siapapun. Misalnya ramalan yang mengatakan jika orang dengan zodiak Capricorn mandiri dan baik hati, padahal zodiak lain pun juga demikian.

Mungkin kalian merasakannya saat sedang membaca zodiak. Saat ada kalimat yang tak masuk akal, cenderung cuek dan tak peduli. Tapi saat membaca kalimat yang kebetulan cocok dengan situasimu, akan berteriak sependapat dengan ramalan itu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved