Faktanya

Istilah Akal Bulus, dari Mana Asalnya?

Punya akal licik biasa disebut 'akal bulus'. Menurut kamus besar Indonesia, akal bulus memiliki arti tipu muslihat yang licik.

Istilah Akal Bulus, dari Mana Asalnya?
net
Ilustrasi: Akal Bulus 

Istilah Akal Bulus, dari Mana Asalnya?

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI -  Punya akal licik biasa disebut 'akal bulus'. Menurut kamus besar Indonesia, akal bulus memiliki arti tipu muslihat yang licik.

Hingga kini istilah tersebut juga banyak digunakan sebagai konotasi negatif. Padahal yang kita tahu dalam dunia fabel (dongeng binatang) binatang tercerdas adalah kancil.

Mengapa tidak ada istilah akal kancil?

Ternyata hal ini berkaitan dengan sebuah cerita dongeng binatang yang melibatkan kancil dan kura-kura. Siapa pernah mendengar cerita kancil balap lari dengan kura-kura?

Dalam versi lain, kura-kura balapan dengan kelinci. Namun intinya sama, kura-kura menggunakan akalnya.

Saat kita kanak-kanak tentu kita pernah mendengar kisah kancil yang menantang balap lari kura-kura. Jangankan berlari, tentu kita tahu kura-kura adalah hewan yang lamban saat berjalan.

Dengan cara licik, ternyata kura-kura bisa mengalahkan kancil.

Yaitu dengan mengajak teman-temannya sesama kura-kura untuk mengelabui kancil. Dongeng ini sudah populer dan diceritakan dalam berbagai versi.

Ada versi dongeng lain yang menyebut kura-kura balap lari dengan kelinci bukan kancil. Hingga sekarang banyak yang beranggapan jika kura-kura itu sama dengan bulus lantaran memiliki tempurung di punggungnya.

Meski faktanya tidak demikian.

Mengenang kelicikan si kura-kura atau biasa disebut bulus itulah hingga kini kita mengenal 'si akal bulus'.

Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved