Faktanya

Mungkin kah Tertular Penyakit Kelamin dari Toilet? Ini Faktanya

Tunggu dulu, benarkah penyakit kelamin bisa ditularkan lewat dudukan toilet? Berikut penjelasannya.

Editor: Geafry Necolsen
youtube
Ilustrasi: Toilet wanita 

Mungkin kah Tertular Penyakit Kelamin dari Toilet? Ini Faktanya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Saat sedang beraktivitas di luar rumah, penggunaan toilet umum tidak bisa dihindari. Bagi sebagian orang, menggunakan toliet umum menimbulkan ketakutan.

Meskipun terlihat bersih, dudukan toilet umum tetap saja menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, toilet diketahui menjadi sarang berbagai jenis kuman.

Ini sebabnya banyak orang yang lebih memilih toilet jongkok karena takut tertular kuman, apalagi terkena penyakit kelamin dari toilet duduk.

Tunggu dulu, benarkah penyakit kelamin bisa ditularkan lewat dudukan toilet? Berikut penjelasannya.

Apakah saya bisa terkena penyakit kelamin dari dudukan toilet?

buang air kecil setelah berhubungan intim

Pada dasarnya, virus memasuki tubuh melalui membran mukosa, yaitu jenis kulit yang ditemukan di mulut, alat kelamin, dan anus. Virus juga bisa masuk ke tubuh melalui permukaan kulit yang terbuka (luka) atau cairan air mata.

Sementara itu, Philip Tierno, Ph.D., seorang profesor klinis dari NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa virus herpes, klamidia, dan gonore hanya bisa hidup di luar tubuh manusia selama sekitar 10 detik.

Itu artinya baik bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin tidak dapat hidup di luar tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Maka, hampir tidak mungkin seseorang terinfeksi penyakit kelamin melalui dudukan toilet umum, handuk, atau benda lain yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Selain itu, bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin juga tidak akan ikut terbawa oleh urine. Karena itulah, bakteri atau virus tidak akan menempel pada permukaan yang dingin dan keras seperti toilet.

Yang seharusnya lebih dikhawatirkan adalah penularan lewat kontak antar kulit (sentuhan) atau mulut (ciuman). Ya, berciuman dapat menyebarkan penyakit herpes. Bahkan, ciuman yang lebih basah dan dalam dapat menyebarkan penyakit gonore dan klamidia.

Sementara itu, kontak dari kulit dan kulit juga dapat menyebarkan infeksi seperti kutil kelamin, herpes, kudis, dan kutu kemaluan.

Cara aman menggunakan toilet umum

ingin kencing terus gugup

Walaupun dudukan toilet tidak akan membuat Anda terkena penyakit kelamin, tidak ada salahnya untuk tetap melindungi diri Anda dari paparan kuman di toilet.

Caranya adalah dengan membersihkan dudukan toilet dengan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan.

Setelah selesai buang air kecil atau besar, bersihkan dan lap bagian kelamin hingga kering untuk mencegah kuman tertinggal di bagian kemaluan Anda.

Jangan lupa untuk membilas (flush) toilet untuk membilas kuman-kuman yang masih tersisa di toilet.

Sistem kekebalan tubuh Anda sendiri adalah pertahanan utama melawan penyakit menular di toilet umum. Yang terpenting adalah Anda wajib cuci tangan sehabis dari toilet. 

Cuci tangan bukanlah sekadar cuci, gosok, bilas, dan keringan begitu saja. Lakukan teknik cuci tangan dengan baik dan benar selama 20 sampai 30 detik pada seluruh bagian telapak tangan dan jari, termasuk di bawah kuku jari.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved