Faktanya

Lebih Sehat Putih Telur atau Kuning Telur? Ini Faktanya

Meskipun keduanya memiliki manfaat yang berbeda, namun secara utuh telur adalah sumber protein lengkap berkualitas tinggi dengan hanya sedikit kalori.

net
Puti-Kuning Telur 

Lebih Sehat Putih Telur atau Kuning Telur? Ini Faktanya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Di mana ada kuning telur, di situ ada putihnya. Meskipun keduanya memiliki manfaat yang berbeda, namun secara utuh telur adalah sumber protein lengkap berkualitas tinggi dengan hanya sedikit kalori.

Satu butir telur memiliki 5,5 gram protein dalam 68 kalori keseluruhan. Telur mengandung salah satu zat gizi bernama kolin yang sangat penting bagi tubuh, yang sayangnya tidak diproduksi oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan.

 Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Dalam Sehari?

 Satu Butir Telur Setiap Hari Terbukti Memacu Pertumbuhan Anak

 Batas Kadaluarsa Makanan yang Disimpan di Dalam Kulkas, Telur Tahan Sampai 1 Bulan!

Tanpa zat gizi tersebut, Anda bisa kekurangan nutrisi penting lain, seperti asam folat. Bagian telur apa yang memiliki nol kolesterol? Lalu bagian apa yang memiliki banyak vitamin? Jawabannya ada di bawah ini.

Manfaat kuning telur
1. Vitamin berlimpah
Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan dengan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K.

Vitamin tersebut hanya dapat ditemukan dalam kuning telur, dan tidak ada di putih telur. Bahkan, kuning telur adalah salah satu dari segelintir makanan yang mengandung vitamin D alami.

2. Kaya akan mineral
Sama seperti vitamin, mineral sangat penting untuk membangun pertahanan nutrisi, yang dapat melaksanakan fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit.

Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki 13 jenis mineral. Mineral ini termasuk kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan selenium.

Meskipun keduanya mengandung mineral tersebut, kuning telur memiliki jumlah mineral yang lebih besar dibandingkan dengan putih telur.

Misalnya, sebanyak 90% kalsium dan 93% zat besi pada telur terdapat di kuning telur.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved