Faktanya

Beri Tahu Bosmu, Ini Manfaat Tidur Siang untuk Karyawan

Sebagai pekerja, pasti Anda pernah tertidur di meja kerja saat jam istirahat. Tidak perlu khawatir, Anda tidak sendirian.

Editor: Geafry Necolsen
net
Ilustrasi: tidur siang di kantor 

Beri Tahu Bosmu, Ini Manfaat Tidur Siang untuk Karyawan

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Umumnya setiap orang memiliki jam tidur normal sekitar 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Namun karena kesibukan di tempat kerja, banyak di antara Anda yang jam tidurnya kurang sehingga membuat tubuh lemas dan lesu di siang hari.

Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan produktivitas serta semangat kerja menurun.

Sebagai pekerja, pasti Anda pernah tertidur di meja kerja saat jam istirahat. Tidak perlu khawatir, Anda tidak sendirian, kok.

Ternyata mengambil waktu beberapa menit untuk tidur siang saat jam istirahat sangat ideal dan bermanfaat bagi para pekerja. Berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari tidur siang.

Kurang tidur

Sebagian besar pekerja pasti pernah mengalami kesulitan tidur di malam hari akibat banyak aktivitas di siang hari atau bahkan lembur bekerja.

Untuk mengakalinya, keesokan harinya banyak yang memilih meminum kopi untuk mengembalikan mood dan konsentrasi yang hilang.

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi kopi memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Ada baiknya Anda mengambil beberapa menit dari jam makan istirahat untuk tidur siang demi mengembalikan mood dan konsentrasi.

Bukan hanya itu, tidur siang juga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas setelahnya.

Tekanan darah kembali stabil

Kesibukan kerja yang bertubi-tubi dan tingkat stres yang tinggi bisa mengakibatkan kelelahan dan terganggunya psikis seseorang.

Hal ini menyebabkan tekanan darah terganggu. Dengan tidur siang sejenak dapat membantu dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Mengurangi risiko sakit jantung dan stroke

Selain membantu dan menjaga tekanan darah, tidur siang juga bisa mengurangi dampak dari risiko terkena sakit jantung.

Anda cukup mengambil waktu sekitar 20 sampai 40 menit dari jam istirahat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular tersebut.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, tidur siang juga bisa meningkatkan sistem metabolisme, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan daya ingat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved