Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah: 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi Dibunuh

Pemimpin spiritual sekaligus politikus di India, Mohandas Karamchand Gandhi alias Mahatma Gandhi, pada 30 Januari 1948 dibunuh Nathuram Godse.

Hari Ini Dalam Sejarah: 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi Dibunuh
net
Mahatma Gandhi 

Hari Ini Dalam Sejarah: 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi Dibunuh

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Pemimpin spiritual sekaligus politikus di India, Mohandas Karamchand Gandhi alias Mahatma Gandhi, pada 30 Januari 1948 dibunuh seorang lelaki Hindu, Nathuram Godse.

Godse marah karena menganggap Gandhi terlalu memihak kepada umat Islam dibandingkan umat Hindu. Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 30 Januari.

Hari Ini dalam Sejarah, 28 Januari, Pesawat Jet AS Ditembak Uni Soviet 3 Orang Tewas

Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Bumi di Gujarat Tewaskan 20.000 Orang

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 30 Januari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 30 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

30 Januari 1917
I Gusti Ngurah Rai lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia kemudian dikenal sebagai pemimpin militer di Bali saat fase Perang Kemerdekaan Indonesia.

Namanya ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional pada 1975 silam. Kini, namanya digunakan sebagai nama bandara di Bali, yakni Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

30 Januari 1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Ambon, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Pertempuran itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang.

Lebih dari 300 tentara Sekutu yang tertangkap dibantai pasukan Jepang di Lapangan Laha, Ambon.

30 Januari 1944
Pasukan Sekutu yang menyerbu wilayah Cisterna, Anzio, Italia dan memicu pertempuran dengan pasukan Jerman.

Pertempuran itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Sekutu harus kehilangan 311 tentaranya yang tewas dan 450 tentara yang ditawan dalam pertempuran tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved