Sains

Kerap Terjadi Gempa dan Tsunami, BMKG: Kawasan Ini Memang Rawan

zona sumber gempa Lempeng Laut Maluku memiliki catatan sejarah gempa dan tsunami destruktif beberapa kali

Shutterstock
Ilustrasi Gempa Seimograf 

Kerap Terjadi Gempa dan Tsunami, BMKG: Kawasan Ini Memang Rawan

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Hari Minggu (19/1/2020) pukul 23.58.20 WIB, wilayah Kotamobagu, Minahasa, dan Luwuk diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki kekuatan M 6,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,2. Episenter terletak pada koordinat 0,1 LS dan 123,86 BT, tepatnya di laut pada jarak 57 km arah selatan Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, pada kedalaman 126 km.

Peneliti: Gempa Bumi Tsunami Mentawai 2010 adalah Kejadian Langka

Pulau Sulawesi Diprediksi Bakal Terjadi Gempa Bumi Lagi, Begini Faktanya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku ke arah barat.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan, zona sumber gempa Lempeng Laut Maluku dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami aktivitas kegempaan yang cukup intensif.

Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Tidak Ada Megathrust di Selat Makassar, Simak Sejarah Gempa Sulawesi

Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan mendatar dan naik (oblique thrust fault).

Guncangan gempa dirasakan di daerah Luwuk dalam skala intensitas IV-V MMI hingga banyak warga terbangun dari tidur, sedangkan di Bitung, Manado, Kotamobagu, Gorontalo, dan Malili guncangan dalam intensitas II-III MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Catatan sejarah Daryono mengatakan, zona sumber gempa Lempeng Laut Maluku memiliki catatan sejarah gempa dan tsunami destruktif beberapa kali, yakni:

Tsunami Banggai-Sangihe 1858 yang menyebabkan seluruh kawasan pantai timur Sulawesi, Banggai, dan Sangihe dilanda tsunami.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved