Hiburan

Netflix Investasikan Ro 14 Miliar untukKembangkan Sineas Indonesia

Di Hollywood, mereka akan bertemu dengan pimpinan konten Netflix dan bertukar pikiran dengan pembuat konten.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Geafry Necolsen
Kompas
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (kiri), dan Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang 

Netflix Investasikan Ro 14 Miliar untukKembangkan Sineas Indonesia

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Netflix menggelontorkan investasi senilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14 miliar) untuk membantu meningkatkan kualitas sineas Tanah Air.

Upaya ini direalisasikan dengan menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Rencananya, ada beberapa inisiasi yang dilakukan tahun ini, mulai dari workshop di Hollywood hingga lomba film.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim menekankan bahwa program yang akan dilakukan pemerintah bersama Netflix akan fokus pada pengembangan kemampuan penulisan kreatif atau script writing dan pelatihan pasca produksi.

"Ini adalah inisiatif pertama, kami senang sekali mengumumkan bahwa Netflix akan mengadakan pelatihan kepada 10 script writer Indonesia yang akan dikirim ke Hollywood," jelas Nadiem dalam sambutannya di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Di Hollywood, mereka akan bertemu dengan pimpinan konten Netflix dan bertukar pikiran dengan pembuat konten dari berbagai negara tentang bagaimana cara membuat konten lokal yang original dan menarik untuk penonton global.

Selain itu, akan ada pula workshop penulisan kreatif di Jakarta untuk 100 penulis, sebagai rangkaian dari inisiasi ini.

"Kami akan mengadakan pelatihan lokal di Jakarta selama 12 bulan ke depan, mencakup penulisan skenario dan pengembangan cerita, serta ketrampilan produksi," kata Kuek Yu-Chuang, Managing Director, Netflix Asia Pasific.

Lomba cerita berhadiah biaya produksi Selanjutnya, semua peserta yang telah mengikuti pelatihan, akan diminta untuk membuat cerita abstrak bertema "Pancasila" dan akan dinilai oleh dewan juri.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved