Perubahan Iklim

Naik 2 Derajat Celsius Saja, Bumi Menghadapi Bencana Besar

Negara-negara di dunia hanya memiliki waktu kurang dari 12 tahun untuk mencegah kenaikan suhu sebesar 2 derajat Celcius.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Geafry Necolsen
Antara
Foto ini memperlihatkan tempat penampungan air dari kincir air untuk pengairan areal sawah di Desa Manggungsari, Kabupaten Tasikmalaya. Bagi petani di kawasan tersebut, kincir air menjadi jalan keluar untuk mengairi lahan persawahan yang terancam puso alias gagal panen kala musim kemarau. 

Naik 2 Derajat Celsius Saja, Bumi Menghadapi Bencana Besar

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Pada Oktober 2018, sekelompok ilmuwan dari berbagai negara merumuskan laporan berjudul “Global Warming of 1.5 Degree Celcius”. 

Para ilmuwan yang tergabung dalam Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tersebut menjelaskan dampak negatif jika Bumi mengalami kenaikan suhu di atas 1,5 derajat Celcius.

Penting untuk menekan kenaikan suhu Bumi agar tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius pada 2030.

Director World Resources Institute (Yayasan Institut Sumber Daya Manusia) Indonesia, Nirarta Samadhi, dalam presentasinya menyebutkan

bahwa negara-negara di dunia hanya memiliki waktu kurang dari 12 tahun untuk mencegah kenaikan suhu sebesar 2 derajat Celcius.

“Beberapa efek yang mungkin terjaid antara lain hawa panas yang ekstrem, kenaikan permukaan laut, kegagalan panen, dan matinya koral di lautan,” tuturnya dalam diskusi yang digelar di kantor WRI Indonesia, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Jika suhu Bumi naik 2 derajat Celcius

Maka suhu Bumi akan mengalami peningkatan sebesar 37 persen. Sementara jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius, peningkatan suhu Bumi akan sebesar 14 persen.

Kemudian, jika suhu Bumi naik menjadi 2 derajat Celcius, permukaan laut akan naik sebesar 0,46 meter.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved