AS-Iran Memanas, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Dua Negara yang Berkonflik

Terbaru, pasukan Garda Revolusi Iran menghujani puluhan rudal ke markas pasukan AS di Irak. Serangan itu dilaporkan terjadi pada Selasa (7/1/2020).

AFP/SEPAH NEWS
Peluncuran rudal 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran terus berlanjut. Banyak pihak yang berspekulasi, jika ketegangan ini akan berakhir pada tindakan militer.

Terbaru, pasukan Garda Revolusi Iran menghujani puluhan rudal ke markas pasukan AS di Irak. Serangan itu dilaporkan terjadi pada Selasa (7/1/2020) pukul 17.30 waktu AS.

Penembakan rudal Iran tersebut sebagai balas dendam setelah AS menewaskan Jenderal Qasem Soleimani, Jumat (3/1/2020) pekan lalu.

Dilansir Sky News, Rabu (8/1/2020), puluhan rudal itu ditembakkan Divisi Luar Angkasa Garda Revolusi Iran, dan dinamai "Martir Soleimani".

Sumber keamanan kepada AFP mengungkapkan, serangan itu terjadi dalam tiga gelombang selepas tengah malam waktu setempat.

Apabila berperang, bagaimana kekuatan militer kedua negara? Menarik jika membanding kekuatan dua negara ini. Dalam perang, ada beberapa hal yang harus diperhitungkan:

1. Jumlah Personel dan Anggaran Berdasarkan laporan Global Firepower (GFP), Amerika mempunyai anggaran militer berlimpah, yakni sebanyak 716 miliar dollar AS, sementara Iran disebutkan hanya 6,3 miliar dollar AS.

Dari segi personel militer, Iran memiliki 873.000 personel. Sedangkan total tentara Amerika di angka 2.141.900 personel.

2. Kemampuan Udara Kendati kalah soal anggaran dan personel, Iran mempunyai peluncur roket lebih banyak dibandingkan dengan AS, yakni 1.900 berbanding 1.056 rudal milik AS.

Sementara untuk pesawat, Amerika Serikat tetap jauh lebih unggul, yakni dengan 13.398 pesawat, baik itu berstatus jet tempur, pembom, angkut, hingga latih.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Januar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved